Sabtu, 28 September 2013

Bapak Karate Modern "MASA TOSHI NAKAYAMA(1913-1987)"

Diposting oleh Unknown di 15.33
PROF. MASA TOSHI NAKAYAMA

PROFIL SEORANG PEDEKAR

Orangnya pendek, tingginya tidak sampai 160 cm, kondisi tubuhnya selalu fit dalam setiap penampilan. Meskipun usianya sudah 74 tahun. Sampai akhir hayatnya Nakayama terus menggeluti karate. Bahkan ketika berlatih didojonya,ia sedang merasa tidak enak badan, setelah dia pergi ke rumah sakit, ia tidak kembali lagi sampai hembusan napasnya yang terakhir lima hari kemudian, 15 April 1987 tepat di Hari Ulang Tahun INKAI ke 16. Banyak orang mengenal Nakayama secara langsung maupun tidak, melalui buah tangannya berupa buku-buku karate, banyak yang sudah dilakukanya diantara karya-karya besarnya itu. Ia akan terus berkarya jika ia masih hidup. Orang kecil ini sebetulnya orang besar dalam arti sesungguhnya.


Nakayama adalah murid langsung dari bapak karate Gichin Funakoshi. Tidak sekedar murid,malah ia mampu mengembangkan ''Ilmu'' itu sedemikian besarnya dan dunia mengakuinya bahkan setiap kesempatan, banyak yang mengatakan ini adalah karate NAKAYAMA.

Nakayama memang telah mengembangkan karate menjadi sistem beladiri modern dan ilmiah, ini berarti ia membolehkan karate berkembang sendiri sebagai ilmu yang bisa dipelajari secara sistematik.

Nakayama PELOPOR karate sebagai olahraga yang isa dipertandingkan. Bersama JKA (Japan Karate-Do Association) pertama kali mempertandingkan karate ''All Japan'' di tahun 1957. Dulu hal ini dianggap tidak mungkin, tetapi waktu itu dimungkinkan oleh Nakayama. JKA sejak itu membuka pintu lebar lebar,maka berdatanglah murid-murid dari mancan negara. Nakayama sendiri mengirimkan murid-muridnya keluar negri untuk mengembangkan karate. Hasilnya, seperti yang kita lihat sekarang.

Nakayama pun mulai kesohor, tetapi ia tidak menjadi besar kepala/sombong,ia tetap seperti Nakayama yang dulu. Gelar profesor yang ia sandang, bukan karena kesohoranya di karate, tetapi adalah gelar keilmuan sebagai maha guru di Universitas Tokoshuku bidang olahraga.

Semoga semua murid muridnya baik langsung maupun tidak langsung di seluruh dunia bisa mengembangkan karate sesuai cita-cita yang luhur dari seorang NAKAYAMA. Sekian sampai disini dulu lain kali bertemu di pastingan selanjutnya:)) salam karate,OSH..




0 komentar :

Posting Komentar

 

Hello world,this my storyˆˆ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review