Minggu, 18 Agustus 2013

Makna tingkatan sabuk dalam karate

Diposting oleh Unknown di 00.05
Salam karate,osh.. Di postingan kali ini aku akan membahas tentang makna tingkatan sabuk di dalam karate. Semoga bermanfaat><. Dalam beladiri karate, warna sabuk (oby) dipergunakan untuk membedakan antara satu karateka dengan karateka lainnya. Sabuk yang dipergunakan karateka dasar/pemula saat mulai berlatih karate dimulai dari warna sabuk putih. DAlam filosofi, perbedaan sabuk Karateka ini untuk menunjukan bahawa Karateka harus menjunjung tinggi sikap saling menghormati satu sama lainnya. Karateka dasar harus menghormati karateka yang lebih tinggi warna sabuknya daripada yang diraihnya walaupun usia lebih muda.
Oby sebagai sistem pemeringkat menggunakan ukuran kyu yang merupakan bentuk representasi dari Karate dalam menunjukkan bahwa Karateka harus dalam semua tujuan yang diinginkan.
Untuk menjadi sekedar sabuk hitam, harus memulai dari dasar. Untuk mengejar nilai kebaikan melalui perolehan sabuk hitam. Kecuali untuk tokoh yang memberikan kontribusi dan dukungan  nyata terhadap Karateka mereka bisa mendapakan penghargaan sabuk hitam khormatan.
dengan demikian, perbedaan warna sabuk ini selain sebagai pelajaran bagi Karateka  untuk terus belajar dan berproses dalam meraih tujuan, juga salig menghormati dan menghargai sesama karateka adalah kmutlakan untuk dijalani.

Sabuk Karate terdiri dari 6 warna sabuk karate, yang diawali dari sabuk putih dan paling tinggi hitam. Arti warna sabuk tersebut adalah:


SABUK PUTUIH (kyu 10) = melambangkan kemurnian dan kesucian yang merupakan kondisi dasar dari pemula untuk menerima dan mengolah hasil latihan dari guru masing-masing.

SABUK KUNING (kyu 8) = melambangkan matahari yang merupakan tahapan terakhir dari seorang "raw beginner" dan biasanya sudah mulai belajar tahapan-tahapan gerakkan kumite bahkan ada juga yang mulai turun ke turnamen.
SABUK HIJAU (kyu 6) = melambangkan warna rumput dan pepohonan yang bersifat pertumbuhan dan harmoni. Dengan demikian seorang karateka diharapkan dalam proses pertumbuhannya mulai bisa memberikan harmoni dan keseimbangan bagi lingkungan.
SABUK BIRU (kyu 4) = melambangkan samudera dan langit, dan karateka harus bisa mengontrol emosi mereka untuk menghadapi masalah yang datang.

SABUK COKELAT (kyu 3-1) = melambangkan tanah yang sifatnya stabilitas dan bobot. Seorang karateka harus bisa memberikan kestabilan sikap, kemampuan yang lebih dari juniornya dan juga sikap melindungi junior-juniornya.dan rendah hati terhadap sesama.

SABUK HITAM (DAN) = melambangkan kteguhan dan sikap kepercayaan diri. Teknik dan penguasaan makna hakii dari kebaikan nikai karate sudah harus menjadi bagian seorang karateka.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Hello world,this my storyˆˆ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review